Dukcapil Kota Sibolga Memberikan Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat

Dukcapil Kota Sibolga Memberikan Pelayanan Yang Membahagiakan Masyarakat

Disdukcapil Kota Sibolga –Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga terus hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Sibolga untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan. Pada setiap pekannya Disdukcapil Kota Sibolga terus melaksanakan penerbitan sekaligus penyerahan akta perkawinan kepada pasangan yang melangsungkan pemberkatan perkawinan di Gereja maupun Vihara yang ada di Kota Sibolga.

Pada hari Minggu, tanggal 30 Oktober 2022 bertempat di Gereja GPI Sidang Aek Parombunan, Tim pencatatan perkawinan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga, mencatatkan peristiwa perkawinan sekaligus menyerahkan akta perkawinan, KK, dan KTP-el dengan status kawin secara langsung kepada pasangan pengantin JULIEM CHARISMAN ZALUKHU&LENTA SASTRIANI HALAWA.

Program kegiatan pencatatan langsung akta perkawinan ke rumah ibadah ini merupakan bagian dari program inovasi PASUTRI (Pencatatan Akta Perkawinan Suami Isteri ke Rumah Ibadah). Program ini dilaksanakan setiap pekannya bagi pasangan yang melaporkan sebelumnya rencana perkawinannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga. Melalui program PASUTRI akan mempercepat proses pelayanan penerbitan dan penyerahan kutipan akta perkawinan kepada pasangan pengantin langsung di tempat pemberkatan perkawinan. Tujuan dari program ini adalah mempercepat dan meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan khususnya akta perkawinan dalam rangka mewujudkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat di Kota Sibolga.

Adapun tatacara untuk mendapatkan layanan PASUTRI adalah pemohon terlebih dahulu mengajukan permohonan dan pelaporan rencana pemberkatan perkawinannya dengan melengkapi persyaratan pencatatatn perkawinan, yaitu: melampirkan KK asli, KTP-el asli kedua pengantin, pas photo ukuran 4×6 cm sebanyak 2 (dua) lembar, dan mengisi form F-2.01 lengkap dengan data 2 (dua) orang saksi. Selanjutnya pencatatan dan penyerahan akta akan dilakukan langsung di tempat pemberkatan perkawinan. Sedangkan bukti perkawinan secara agama akan ditukar dengan kutipan akta perkawinan saat penyerahan dokumen kependudukan. Dokumen kependudukan yang diserahkan oleh Disukcapil melalui program PASUTRI adalah Kutipan Akta Perkawinan, kartu Keluarga (KK) pengantin dengan status kawin tercatat, dan KTP-el kedua pengantin dengan status kawin.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *