Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga Mengadakan Pelatihan Excellent Public Service
????????????????????????????????????

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga Mengadakan Pelatihan Excellent Public Service

Sibolga, 07 Desember 2018, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga mengadakan Pelatihan Excellent  Public Service kepada seluruh pegawai di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kota Sibolga bertempat di Hotel Niagara, Parapat Sumatera Utara. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Tanggal 30 November s/d 02 Desember 2018, yang dihadiri oleh seluruh Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga.

Dalam sambutan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga, Bpk. Drs . Ahmad Sulhan menyampaikan tujuan dari pelaksanaan pelatihan Service Excellence tersebut adalah peningkatan kemampuan dan kompetensi seluruh pegawai dalam memberikan pelayanan kepada para stakeholder sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga. Melalui koordinasi dan kolaborasi pada setiap element kegiatan outbond yang akan dilaksanakan.

Bahwa dalam pelaksanaan kegiatan outbond tersebut diharapkan seluruh pegawai dapat mengikuti dengan baik, santai dan solid Bahwa dengan adanya kegiatan Outbond tersebut diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan, rasa kekompakan (solidaritas) diantara sesame pegawai maupun antara bawahan dan atasan sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada Masyarakat.

“Kita patut bangga atas apa yang telah kita capai, akan tetapi kedepan telah menunggu agenda-agenda pekerjaan yang harus kita laksanakan. Oleh karenanya diperlukan semangat dan komitmen kita bersama untuk menyukseskan agenda-agenda tersebut”, pesannya diakhir sambutan.

Pelatihan Service Excellence dilaksanakan dengan menggandeng Dunia Outbond kita sebagai Fasilitator yang berasal dari Kota Medan. Pelaksanaan pelatihan dimulai dengan penyampaian materi yang dilanjutkan dengan Role Play kegiatan yang akan dilaksanakan Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh para pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga sebagai sarana untuk menambah wawasan dan berdiskusi tentang bagaimana memberikan pelayanan prima kepada para Masyarakat.

Dari berbagai literasi yang ada dikemukakan bahwa tujuan utama kegiatan outbound untuk membantu sikap dan perilaku profesionalisme seperti meliputi :

a. Terbentuknya suatu komitmen (commitment)yang utuh dari setiap peserta melalui 4C, yaitu :
a. Peningkatan kompetensi (competency)
b. Pembentukan konsepsi (conception) pemikiran yang komprehensif
c. Terjadinya hubungan (connection) yang semakin erat di antara para
bawahannya dan atasan.
d. Munculnya keyakinan akan kepercayaan diri (confidence) akan kemampuan       masing-masing peserta yang akan berpengaruh dalam membangun rasa memiliki dan bukan sekadar menjadi pegawai.  Perubahan ini akan terlihat dari bertumbuh kembangnya rasa tanggung jawab dalam
melakukan tugas diunit kerjanya masing-masing.

Gambar : Permainan ” Kelinci dan Kandang ”

b. Pola perilaku yang berkarakterdalam melakukan tugas-tugas kehidupan,    berdisiplin, bertanggung jawab, berorientasi ke masa depan, mengutamakan tugas pengabdian, memiliki sikap, etika dan etos kerja yang tinggi.
c. Meningkatkan semangat kerjadalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing, serta meningkatkan keberanian peserta dalam mengambil setiap resiko (risk taking) dari setiap tantangan yang dihadapi.
d. Team building yang solidyang didasarkan pada saling pengertian, kerja sama, koordinasi, menghargai perbedaan, sikap mengutamakan tugas daripada kepentingan pribadi. Dan meyakini bahwa keberhasilan merupakan buah dari kerjasama dan kebersamaan.
e. Peningkatan kematangan Emotional Question (EQ)melalui program olah rasa yang menjadi porsi perhatian outbound bahkan perhatiannya kepada pengembangan spiritual quotation (SQ) akan sangat membantu peserta dalam meningkatkan kematangan kemampuan menghargai berbagai tantangan dan hambatan dalam setiap penyelesaian tugas-tugas yang dihadapi.
f. Pengembangan kepemimpinan (Leadership). Sukses sebuah organisasi ditentukan oleh kemampuan si pemimpin dalam menggerakkan seluruh anggota perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi. Pengembangan kepemimpinan adalah suatu usaha untuk membangun ketahanan organisasi (organizational resilience) yang diperlukan untuk menghadapi kejutan masa depan dan memanfaatkan peluang yang timbul.
g. Pengembangan budaya organisasi (Culture Development). Budaya organisasi adalah perangkat yang penting di dalam peningkatan kinerja organisasi. Secara lebih spesifik, budaya organisasi atau budaya kerja adalah suatu system makna yang terkait dengan kerja, pekerjaan , dan interaksi kerja, yang disepakati bersama dan digunakan di dalam kehidupan kerja sehari-hari.
h. Pengelolaan perubahan (Managing Change). Untuk menjadi perusahaan yang tumbuh dan berkembang, perusahaan harus melakukan perubahan melalui peninjauan ulang atas semua asumsi dan tata cara kerja perusahaan yang selama ini telah menghantarkan perusahaan pada kemajuan.
i. Perencanaan strategi (Strategic Planning). Perencanaan strategikbermula dari kegiatan melakukan penelaahan terhadap kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang ada dalam organisasi.
j. Pengembangan diri (Self Development). Sukses dalam melaksanakan tugas di perusahaan, baik sebagai pemimpin atau anggota organisasi, sangat ditentukan oleh kepercayaan diri, kemampuan mengontrol emosi, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Outbond ini merupakan kegiatan kedua kalinya yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga, kegiatan yang serupa telah dilaksanakan tahun sebelumnya bertempat Dihotel Sinabung Hills, Berastagi.
Kedepannya diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga para pegawai dapat meningkatkan rasa solidaritas sehingga mampu berkoordinasi dan berkolaborasi yang mewujudkan Pelayanan Prima kepada masyarakat dan mendorong kesuksesan dalam pelaksanaan GISA ( Gerakan Indonesia Sadar Adminduk ) di Tahun 2019.
Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan para pegawai dapat meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan semangat dalam bekerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga. Trims.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *